Rabu, 21 Desember 2011

ENKAPSULASI

Enkapsulasi adalah konsep dimana sebuah logic kode dibungkus dalam satu bentuk kode yang menggambarkan dunia nyata. Class adalah sebuah enkapsulasi dari perilaku yang diwakilinya dalam dunia nyata. Setiap entitas dalam dunia nyata mempunyai karakteristik dan perilaku. Karakteristik diwujudkan sebagai property dan perilaku diwujudkan sebagai method. Kedua hal ini karakteristik dan perilaku dienkapsulasi menjadi satu entitas dalam class.

Bahasa prosedural tidak memiliki feature enkapsulasi ini, kalau kita melihat kode kita tidak bisa melihat wujud abstract kode tersebut dengan dunia nyata. Semua hanya fungsi / method data berceceran di sana / sini. OOP memberikan konsep yang praktis bagaimana menjembatani logic yang ada didunia nyata dengan wujudnya dalam kode. Misal kita berbicara tentang customer, kita berbicara tentang customer yang nyata juga berbicara tentang class Customer yang ada dalam kode.

Enkapsulasi menyebabkan kode menjadi self explaind, artinya hanya dengan melihat kode dapat mengetahui apa logic dibalik kode ini, atau kita bisa mengetahui apa maksud dari kode yang sedang kita baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar