Kamis, 15 Desember 2011

OPERATOR KONDISI

Operator kondisi adalah ternary operator artinya operator ini mempunyai tiga buah operator. Operator kondisi akan mengevaluasi suatu kondisi yang nilainya benar (true) atau salah (false) kemudian mengassign suatu nilai kedalam variable. Operator ini sama mirip seperti if tetapi tujuannya untuk mengassign suatu nilai kedalam variable berdasarkan suatu nilai kondisi. Operator kondisi menggunakan tanda tanya (?) dan titik dua (:).

int x = 100;
String s = ( x < 10 ) ? "x lebih kecil dari 10 " : "x lebih besar atau sama dengan dari 10 ";

kalau variable x nilai nya lebih kecil dari 10 maka assign String "x lebih kecil dari 10 " kedalam variable s, atau sebaliknya jika nilai variable x lebih dari sama dengan 10 maka assign String "x lebih besar atau sama dengan dari 10 " kedalam variable s.

int x = 100;
String s = (x < 10) ? "kurang dari sepuluh " : (x > 100)
                 ? "lebih dari seratus "
                 : "lebih besar sama dengan sepuluh  dan kurang dari sama dengan seratus";

kode diatas artinya kalau variable x kurang dari 10 assign string "kurang dari sepuluh " ke variable s, selainnya kalau x lebih dari 100 assign string "lebih dari seratus " ke variable s, kalau kedua kondisi salah assing string "lebih besar sama dengan sepuluh dan kurang dari sama dengan seratus" ke dalam variable s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar